Java Mobile – Low Level Interface

Pada materi sebelumnya telah kita bahas, bagaimana penggunaan komponen-komponen user interface pada level tinggi untuk kebutuhan interaksi suatu aplikasi dengan usernya. Dan dalam hal ini seorang programmer tidak perlu memikirkan persoalan yang berhubungan ukuran layar, resolusi layar, pixel layer dan sebagainya, karena jika kemudian terdapat objek yang ukurannya lebih besar dari layar, akan dapat ditangani dengan bantuan scrolling dan layout.

Metoda penggunaan high level user interface sebenarnya bersifat penyesuaian dengan kondisi screen dari sebuah perangkat mobile, namun bagaimana jika sekiranya kemudian dibutuhkan untuk mengatur sebuah layar, resolusi, menggambar garis, pixel pada layar, maka high level UI tidak dapat lagi menghandel pekerjaan sejenis ini. Class MIDP yang digunakan untuk kebutuhan ini tidak berada pada high level, namun terdapat pada low level UI.

Pada materi ini kita kan berhubungan langsung dengan layar/ screen itu sendiri, dan class yang berfungsi untuk kebutuhan ini disebut dengan class canvas, dan class graphic

sumber :http://muhammadadri.wordpress.com/2008/05/08/materi-4-java-mobile-low-level-interface/


Leave a comment